Podes 2011

Implementasi kebijakan dan program pembangunan nasional dan daerah perlu di dukung oleh ketersediaan data dan informasi kewilayahan(spatial) yang melengkapi data dan informasi sektoral yang telah ada. Data dan inforasi tentang potensi spesifik yang dimiliki oleh semua wilayah hingga tingkat terkecil (small areas) merupakan bahan yang penting bagi perencanaan, implementasi, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah secara umum atau bahkan secara spesifik menurut wilayah tertentu.

Data hasil pendataan Potensi Desa (Podes) hingga saat ini merupakan satu-satu nya sumber data tematik berbasis wilayah yang mampu menggambarkan potensi suatu wilayah setingkat desa di seluruh Indonesia. Data podes tersebut dapat diolah sehingga dihasilkan informasi penting berbasis wilayah untuk berbagai keperluan oleh berbagai pihak yang membutuhkan. Sebagai contoh, data Podes digunakan untk mengidentifikasi desa yang masih diklasifikasikan sebagai desa tertinggal dan diduga sebagai wilayah yang dihuni oleh penduduk miskin.

Pendataan Podes telah dilaksanakan sejak tahun 1980 bersamaan dengan penyelenggaraan Sensu Penduduk 1980. Pengumpulan data Podes dilakukan sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 10 tahun, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Sensus Penduduk, Sensus Pertanian dan Sensus Ekonomi. Namun demikian sejak tahun 2008, pendataan Podes dilaksanakan secara independen dari rangkaian kegiatan sensus.

Pendataan Podes tahun 2011 kali ini diintegrasikan dengan Sensus Infrastruktur Desa. Sensus Infrastruktur Desa dilaksanakan untuk mengumpulkan data kualitas infrastruktur fasilitas kesehatan dan pendidikan negeri yang ada di desa. Fasilitas kesehatan yang didata adalah Puskesmas, Pustu, Poskesdes, Polindes dan Posyandu., Fasilitas pendidikan yang didata adalah semua sekolah negeri SD/sederajat, SMP/sederajat dan SMU/sederajat.

Secara umum tujuan dari Pendataan Podes 2011 adalah :

  1. Menyediakan data tentang keberadaan dan perkembangan potensi yang dimiliki desa/kelurahan yang meliputi:sosial, ekonomi, sarana dan prasarana wilayah

  2. Menyediakan data untuk berbagai keperluan yang berkaitan dengan perencanaan wilayah di tingkat nasional dan tingkat daerah.

  3. Melengkapi penyusunan kerangka sampling (sampling frame) untuk kegiatan statistik lain lebih lanjut.

  4. Menyediakan data bagi keperluan penentuan klasifikasi/tipologi desa (urban dan rural), desa tertinggal dan tidak tertinggal, dsb.

  5. Menyediakan data pokok bagi penyusunan statistik wilayan terkecil.

Pelaksanaan kegiatan ini telah dilaksanakan pada 1-30 April 2011. Untuk Kecamatan Sampoiniet, Pencacahan lapangan dilakukan oleh 4 orang Petugas ditambah 1 orang Pengawas. Semoga hasil pendataan Podes 2011 ini bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kemajuan daerah Kecamatan Sampoiniet ini.

Posted on May 4, 2011, in Wilayah. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: