Susenas Triwulan 2 Juni 2011

Susenas atau Survei sosial ekonomi nasional biasa nya dilakukan 1 kali dalam setahun, sekarang di tingkatkan ‘intensitasnya’ menjadi 4 kali dalam 1 tahun. Survei ini dilakukan dengan menggunakan Dokumen KOR, dan Modul..hehe..modul ini yang bikin pusing para pencacah lapangan. Untuk tahun 2011 ini, modul yang digunakan adalah modul Konsumsi. Konsumsi Makanan dan Non Makanan. Ada sekitar 400 an pertanyaan😀 yang harus ditanyakan ke responden/rumah tangga. uuh…uuh..perlu 1-2 jam per rumah tangga untuk mendapatkan data survei ini.

Tujuan Umum survei ini adalah untuk mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan makro, perbedaan pendapatan, de el el. Bagi Masyarakat, survei ini sepertinya sangat membuat mereka ‘terganggu’. Artinya ketika pencacah menanyakan ‘seabrek’ pertanyaan, biasa nya responden akan malas untuk menjawab, dan akhirnya jawabannya adalah;..terserah mau diisi berapa, berapa ya, ya segitu mungkin, gak tau lagi, dan saya bingung, dan saya bingung😀.

Petugas sendiri sangat kewalahan dengan survei ini, menghadapi tanggapan masyarakat yang sangat beragam😀, memastikan tidak terjadi ‘over’ konsumsi perkapita perminggunya, dll. Tapi data ini sangat penting untuk melihat sejauh mana tingkat pertumbuhan ekonomi dalam periode pencacahan survei ini. Menarik dibahas disini adalah bahwa ‘penting’ nya data ini hanya diketahui oleh para ‘punggawa’ BPS saja, sedangkan masyarakat?..hehe..hampir2 bisa dikatakan zero informasi tentang hal ini. Buktinya mereka tidak tahu untuk apa data ini, dan bertambah tidak mengerti ketika ada penjelasan dari petugas ttg pertumbuhan ekonomi, tingkat pendapatan dll. Kenapa masyarakat bisa ‘mendadak’ malas meladeni pertanyaan tentang data ini ?.Satu Kata : SOSIALISASI. Kurangnya atau bisa dikatakan tidak ada sosialisasi sama sekali kepada masyarakat tentang survei ini. Seandainya masyarakat diinformasikan tentang susenas ini, paling tidak ada info dasar bagi masyarakat tentang survei ini, sehingga masyarakat akan lebih ‘atraktif’ dalam menjawab pertanyaan2 yang ada dalam susenas ini. Semoga kedepan ada langkah-langkah konkrit agar kegiatan-kegiatan BPS bisa lebih ‘membumi’😀..Walaupun demikian banyak juga responden yang memberikan jawaban dengan sabar dan meladeni dengan baik para pencacah.

Posted on July 8, 2011, in Susenas and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: