Survei NTP di Desa Gunong Buloh Kec. Panga

 

SPDT 2012

Setelah ‘diasramakan’ dan mendengar instruksi tentang materi survei Penyempurnaan Diagaram Timbang Nilai Tukai Petani 2012 selama 4 hari (senin, 8 okt – 11 okt 2012), akhirnya para KSK dan mitra kembali harus ‘berperang’ dengan realita di lapangan. Untuk Kabupaten Aceh Jaya, kami mulai dari Desa Gunong Buloh Kecamatan Panga untuk menyasar petani yang mempunyai usaha pohon Durian. Sebelum menuju desa ini, sebelumnya sudah di lakukan ‘penyisiran’ di desa Gle Putoh. Tapi sayang, dari beberapa nama yang sudah di temui, tidak memenuhi Syarat untuk dijadikan responden Survei ini.

Kembali ke TKP, desa Gunong Buloh berjarak lebih kurang 9 km dari Pusat Pasar Panga (Desa Keude Panga), bisa dicapai dengan mudah karena sebagian besar jalan yang menuju desa ini sudah teraspal. Sesampai di lokasi, KSK Panga, Mr. Darwin Dani mencoba melakukan ‘SOP’ ketika memasuki suatu desa. SOP = Menghubungi Pak Sekdes atau Pak Keuchik atau pejabat lainnya untuk memberitahukan kegiatan BPS. Dan sayang nya hari itu yang di tuju tidak ada ditempat. Ya sudah ‘penyisiran’ calon responden di lanjutkan dengna menanyakan kepada warga yang di temui.

Setelah nama – nama calon responden di dapat, maka setelah dilakukan pengecekan terhadap syarat-syarat agar seorang petani bisa dijadikan responden. Dan akhirnya bapak Sofyan Yunus Jadi responden Pertama Pelaksanaan Survei SPDT NTP 2012. Selamat – selamat Pak..hehe maaf ya tidak ada acara seremonial meskipun kecil – kecilan😀..

Dan pencacahan diteruskan jg ke tiga responden yg kebetulan berada di lokasi pencacahan. Karena pencacahan menanyakan detail tentang pola Konsumsi rumah tangga, makanya agak sedikit lama (paling tidak 1 jam lebih untuk 1 responden). sedap.sedap..

Beruntung nya kami hari itu dikunjungi oleh salah satu Kasie dari BPS Prov Aceh😀. Sambil menunggu beliau yang ditemani oleh Kasie Distribusi BPS Aceh Jaya [Djuadi,SE] dan Ka. BPS [Bahruddin, SE], kami nitip logistik untuk makan siang😀. soalnya kurang efektif kalau harus balek ke pusat pasar kec.Panga, ya gak..ya ajalah

After break, di bayangi cuaca yang sudah mulai mendung, perburuan responden di lanjutkan ke TKP. Ada 1 orang responden yang saat ditemani tim pengawas tersebut, tidak memenuhi syarat untuk jadi responden survei ini (Pendapatan nya dari sektor pertanian < 50 %) dari total pendapatan sebulan. Next ke responden yang lain, dan memenuhi syarat untuk dijadikan responden, ditemani hujan rintik-rintik sampai hujan lebat pencacahan di lanjutkan di rumah sang petani tersebut. dan sekitar 1 jam kemudian selesai. Cuaca sudah tidak mendukung untuk melanjutkan pencacahan. Hujan Deras.

AKhirnya pencacahan di hentikan untuk hari itu…

Tim pengawas meluncur meninggalkan TKP..dan KSK pun berehat sebntar menunggu hujan berhenti meskpun akhirnya harus jg menerobos hujan yang menghujam bumi menemani tim KSK kembali ke Calang…

Senin 22 Oktober 2012

Posted on October 24, 2012, in Nilai Tukar Petani. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: